Berdiri

"Because if something is destined for you, never in million years it would be for somebody else's"

Terkadang seseorang lupa bahwa dia punya rumah
Dia selalu mengingat akan pergi, terus. Setelah perputaran masa mengajarkannya cara berjalan, cara melihat lalu bergerak sampai sebebasnya

Dulu,
Ketika masih belita manusia mengaduh, menangis karena sulitnya belajar berjalan
Ketika dewasa,
Manusia hampir lupa betapa sakitnya banyak kali jatuh belajar berjalan
Bahkan mungkin seluruh manusia lupa cara dia belajar berjalan
Karena Tuhan memang membuatnya lupa supaya manusia belajar makna belajar berjalan dalam arti yang lainnya

Empat tahun lebih lalu,
Aku mengalami luka berat di pergelangan kaki kiri yang membuatku retak kaki belasan senti
Yang sekejap nikmat berjalan hilang seketika
Aku kembali menjadi anak bayi yang lebih kehilangan dan merasakan sakit bertubi sekian hari

Aku mulai menikmati berjalan dengan empat kaki
Masa bulan berotasi satu kali aku benar-benar menikmatinya
Menjadi bentuk salah satu bentuk syukur yang paling besar dalam hidupku
Kembali belajar berjalan seperti anak bayi
Dengan senyum masigul dan kubuat tertawa dengan kawan satu asrama

Sampai,
Suatu ketika aku mulai bisa berjalan terpincang
Aku ditemani kawanku membeli sandal baru, yang hitz kala itu
Aku seperti ingin merayakan -bisa berjalannya aku kembali-
Eh, yang terjadi setelah itu aku kehilangan sandal baruku dua hari kemudian

Aku menangis ? Iya, aku sedih sangat meskipun hanya sekedar sandal baru
Hei tapi bisa berjalan lagi itu seperti sebuah kemerdekaan hidup
Tapi aku berfikir kembali 'masa iya rasa syukur besarku hilang hanya karena barang yang bisa dibeli lagi Bil ?'
Lalu aku melupakan pasal sandal baru itu

Hal yang berlebih pun juga datang bertubi
Dibalik ketidak berdayaanku berjalan kecuali dengan bantuan tongkat
Menanjak dua lantai dari ujung ke ujung untuk ujian kenaikan aku lalui
Memimpin 200 orang tetap aku jalani
Menuntaskan tugas dan ulangan menumpuk aku lunasi

Dan,
Yang terjadi aku mendapat hasil maksimal dalam setiap hal yang aku lewati semasa satu rotasi bulan itu
Kemudian aku merenung kembali bahwa,
Manusia selalu punya kekuatan terbesar disaat kekuatan lainnya sedang lemah tidak berdaya
Tidak dibatasi usia dan sebagainya
Karena keterdesakan membuatnya berdaya secara nurani dan energi
Meskipun ada satu atau lebih organnya yang sedang mati

Aku sempat kehilangan rasa percaya bisa berjalan kembali

Tapi Tuhan selalu mengajariku banyak arti
Termasuk berjalan dalam arti lebih dari melangkahkan kedua kaki dengan energi
Dua tahun setelah itu aku dengan kuat berjalan normal melampaui negara Amerika
Empat tahun setelah itu aku sekarang sudah berada di benua ketiga perantauanku di negeri Italy

Tanpa melupakan arti kembali setelah pergi
Ada rumah yang setia menanti
Jangan ragu dengan sejagad energi
Selemah-lemah kau akan kuat dengan kepercayaan yang terpatri

Jadi, jangan ragu melangkah pergi
Tanpa melupakan rumahmu kembali nanti
Berjalanlah dengan sepenuh hati

Bayi - Anak - Dewasa akan senantiasa menjadi 'bayi' ketika menemui ketidak tahuan
Karena itu kita harus mencari :)

Manusia sejatinya berenergi
Berdiri dengan hati - pergi dengan sepenuh hati


Longarone-Belluno Italy
Nabiladinta, 2017

0 komentar