Selamat Bertumbuh, Sal !



Sejak masa itu,

Hari yang kalau dihitung mundur sepersekian ratus atau puluh atau ribuan ada satu momentum bertanda buat seorang bayi mungil. Sepersekian juta detik yang lalu bayi mungil itu tetep dipanggil mungkin sampai dia duduk di bangku merah. Barangkali kalau manusia sekarang kenalnya dia sekarang yang udah melambung tinggi (melebihi aku hikss) ga nyangka kalo dia juga pernah sangat mungil, rasanya ngga bakal deh tinggi-tinggi.

Namanya Wafda Salsabila, teman yang harusnya bareng 12 tahun tapi jalan takdir hidup bikin aku bersama dia 11 + (1) tahun hehehe. Sekalipun dia berubah nama jadi WS sejak enam tahun lalu, aku tetep aja gabisa merubah panggilan yang melekat selama enam tahun sebelumnya, sekali Salsa ya tetep Salsa.

Enam tahun pertama penuh drama, lima tahun setelahnya penuh tragedi.

Tapi ternyata dia yang paling betah membersamai sampai aku harus pergi duluan ke Italia, dan ditinggal lulus duluan sama Salsa

Aseli de hidupnya pas SD penuh drama, rasanya gemas dikasih Allah sekelas 7 tahun ya Sal ya. Kenapa sih pas di Jogja cuma bisa setahun sekelasnya (?), gerutuku.

Pernah akur ? Pernah deket ? Pernah biasa aja ? Terus endingnya sekarang deket atau biasa aja atau “siapa sih nih orang” , jawabannya gatau deh. Tapi Sal, perjalanan 11 tahun bareng tuh bukan hal yang biasa aja loh mau seberapa deket atau ngga deketnya kita. Aku tetep mengakui kamu pernah ada , pernah mungil sampe tinggi menjulang kaya tiang yang akhirnya jadi kapten sesuatu hal yang besar.


Cerita waktu SD gimana ya Sal (?) 

Aku inget banget deh kita tuh pernah sekelompok pelajaran PKn dan kerja kelompok di rumahmu tapi endingnya aku mutung dan ngerjain itu sendiri. Lalu kelas empat kalo boleh jujur pernah aku sama Dinda Alyek dkk tuh ngasih sebutan ke kamu, aku lupa apa tapi gegara cerita drama-nya sih, “wah Hasna bakal direbut Salsa lagi” alibinya sih gitu.

Drama banget deh ihh yakin. Suatu weekend yang (mungkin) aku juga jadi faktor penggagal kamu gajadi jalan sama Hasna ke rumahnya Naya atau Hasna, kamu malah nemu aku sama Hasna di warnet deket terminal Temanggung. Ala sinetron gitu kamu narik Hasna keluar dari bilik, 

“Loh has kamu kokk malah maen sama Mbak Bila ?” katamu. Kamu ga terima ya (?)

Hehe.

Terus waktu akhirnya kita akhirnya barengan sama Naya, Mega, dan Hasna juga ke rumah Naya. Helooo cuma mau naik ke rumah Naya aja ribet mau lewat tangga apa jalan biasa. Terus Naya bilang, “Iya tuh Salsa emang egois aku juga gatau.” Hihi lucu bangett, kita sama-sama egois sih. Drama banget lagi, HAHA gakuat Sal gakuat Sal ternyata kamu semakin gede.

But, aku ngga nyangka ternyata diantara sekian banyak yang jadi temen deketku pas SD kamu yang akhirnya bareng sama aku di Jogja. Lalu karena kamu juga aku jadi Ketua Angkatan, iya kamu mulai promosi uhh itu ngeselin tau gaa. Inget banget dulu kamu ke asrama Siti Aisyah di kamar 7 bilang, eh iyaa Nabila aja. Huhu tau gaa aku takut waktu itu.

Sejak di Jogja kamu juga jadi manggil aku cuma Nabila, ngga pake mbaa lagi. Akibatnya kamu jadi makin tinggi, karena aku ngga terlihat lebih gede lagi dari panggilanmu ke aku *eh apa banget ga sii*. Aku ngga pernah lupa Sal, ternyata aku juga jadi semakin kagum sama sosok Salsa yang sangat menyenangkan dan humble, transformasimu yang akhirnya jadi Ketua KIR mashaAllah, jadi salah satu ketua organtri. Berarti kita bisa ngebuktiin kalo lulusan SD kita itu bisa diandelin. Kamu dengan caramu dan aku dengan caraku.

Ternyata aku yang mengawali sebuah janji sebelum itu.

Aku juga yang mengawali lupa sampe kamu bisikin aku di bandara sebelum aku terbang ke Jakarta lalu ke Italia.

“Bil kamu inget ngga dulu bilang kita bakal sama-sama kasih hadiah kalo aku jadi Ketua KIR dan kamu jadi berangkat AFS,” kira-kira begitulah intinya. MASHA ALLAH SAL malah aku sendiri yang lupa. Sekarang aku gabakal lupa lagi kokk ! I just need to tell my secret stories to you, yang aku belum lakuin. Makanya we need to nge-date habis aku balık !!! Cuma kamu yang ngerti bener transformasiku dari jaman bayi sampe aku bisa di titik ini sekarang.



Walopun kita saling jalan di hidup kita masing-masing. The one yang aku inget I need to keep in touch salad satunya kamu Selma masa exchange-yearku. Aku kangen banget Sal ngobrol sama kamu, dari hal goblok sample soal masa depan.

KAMU SALAH BESAR HAHA, TADI NGE-REPLY STORY-KU on my second account,

“Lupa sama aq”

Nooo, I am not that kind of temen yang jahad. I was looking the right time to write this letter to youuu, so you know how many years we’ve already know each other (better). Aku tulis ini tanpa edit, supaya memorimu inget lagi, sel-sel otakmu ngga jahat buat ngelupain berapa belas tahun ke belakang. Gapapa gapapa koq aku di sapa pas wisuda, “Hei temen, q duluan yy” -alay banget sih nulisnya HAHA, itu ngebuktiin bahwa seberapa gede badanmu tetep aja kamu masih baby face-imut-cantik-anak kecil.



Selamat bertumbuh dan mendewasa Salsa !
Tanti Auguri - Buon Compleanno amore 
Take your time to live your life - you're already GEDE Ok, 

Doaku tanpa tertulis menyertaimu tanpa kamu minta, 
Ingat, aku selalu temanmu sejak masa itu 

2006 - 2018

Salam jauh dari temanmu,


Ulima Nabila Adinta

Italia, 15 Mei 2018 : 18.30 

0 komentar