Mt. Prau 2565 mdpl

Untuk pertama kalinya. Aku memberanikan diri. Bertahun yang bisa dihitung jari aku membujuk diriku dan orang tuaku. Kapan aku bisa mendaki ? Siapa yang mau menemaniku ?


          Atas keberanian dan ada Masku, Mas Abid yang mau nemenin ditambah Mas Afgan pula ke puncak Gunung Prau, setengahnya Gunung Sindoro. Awalnya banyak banget yang mau ikut, tapi entah tiba-tiba di H-1 cuma dua orang yang jadi ikut, Syifaurrafid dan Rizal Husen (baru aku kenal). Akhirnya setelah aku bujuk Nana Riana temenku di Jogja di mau dan dapet dua temen lagi Mabi anak Gunung Kidul dan Aza anak Purworejo. Alhamdulillah, aku bersyukur sekali.
     
           Karena rombongan masku ber16 dan darimanamana, pake motor pula. Aku berenam sama temenku memilih naik bis, tumpangan sejati. Aku menunggu rombongan Nana naik bis dari selatan lama sekali, sampe berkali aku DM Twitter Rizal dkk. Haduh lama sekali, bm masku bilang kalo bisa berangkat jam 1 siang ntar kesorean dan kehabisan bis. Aku santai aja, aku percaya di dunia ini masih banyak orang baik, ntar dapetlah pertolongan. Berangkat habis ashar bis ke Wonosobo, turun terminal naik angkot ke deket alun-alun baru naik  bis jurusan Dieng. Nggak kesangka aja sama orang-orang ini. Aku duduk deket Rizal dan Nana. Ngobrol cekikikan banyak sama mereka, aku nahan tawa sama Rizal masak ada pengamen minta ke ibu-ibu eh ibunya ngasih seribu tapi minta kembalian, "kakehen nek sewu" pengamennya baru ngasih kembalian. Ada-ada aja orang kayak gitu di dunia ini, wkwkwkwk.

             Nyumpel tawa gara-gara Rizal nahan banget pipis padahal perjalanan masih sejam lagi, haduh zal sabar yaa:) Sampe deket basecanp dingin banget. Nggak kuat :3 mana kalo ke toilet bayar lagi, kalo ketahuan nggak bayar dirungguin sam bapak yang punya. Aku sadar, uang sekecil apapun itu berarti, jadi nggak boleh aku sia-siain dan hidup itu wajib bersyukur. Nungguinnya di Mushola. Kedinginan, nelpon Mas Afgan katanya sejam lagi. Telpon lagi eh masih di Kledung dan ada yang bannya bocor. Oke, kita menunggu sampe jam setengah 11 masku baru nyari. Ternyata kita itu belum di basecamp, nggak paham juga kita, baru pertama sih.

             Dijemput rame-rame deh naik motor menuju basecamp. Aku bonceng Mas Afgan. Daaaan kita nunggu lama lagi, bisa buat bobok. Jam setengah 2 baru cuss berangkat. Perjalanan yang sulit buat kita karena pertama kalinya, atur nafas. Udah kayak mau pingsan, di deket pos terakhir. Nggak disangka udah nyampe jam setengah 5. Mas-masnya ndiriin tenda buat nge-camp. Setelah itu aku gelar sleeping bagnya dan terlelap sambil nahan betapa dinginnya di gunung. Eh nggak kerasa aku udah dibangunin, dan kita nunggu sunrisenya. Subhanallah... My first Sunrise. Wonderful! nggak lupa kita juga sedikit ambil foto waktu itu. Nanti sajalaah menunggu benar-benar terang.

             Nah.. kita nulis titipan salam, entah apapun yang pingin pada ditulis. Aku nyampein nama Akmala Mutia sampe puncak Prau. Puas amat deh sama foto-foto, untungnya Mabi bawa camera. Kita juga ke bukit yang bener-bener itu paling atas. Udah nggak mood ambil foto, merenung dan menikmati :). Subhanallah.. itu telaga warna Dieng keliatan banget. Turun.. terus masak mie campuran yang asiiiin bangeeet rasanya, tapi ini bener nikmatnya ... nikmat pecinta alam. Puas. Masih ada next trip! Langsung beres-beres. Foto satu rombongan dulu.

              Butuh kesabaran untuk naik namun butuh dua kali kesabaran untuk turun. Tasku dibawain lagi. Malahan Mas Hamzah bawain 3 sekaligus, tasnya Aza, Nana, dan Mabi. Waktu aku tanya, "Nggak capek po Mas ?", dijawab, "Enggak.. dinimatin aja". Mas Hamzah ini yang di belakangku terus waktu mau turun. Rombongannya Mas Abid strong semua, bagi mereka Gunung Prau itu gunung termudah kedua setelah Gunung Andong. Pas lah buat aku sama temen-temen, karena kita pemula. Sampai bawah, tinggal bisa tidur ya terlelaplah kita semua.. jam 12 aku dibangunin Mas Abid buat siap-siap pulang. Sedikit cerita dari aku, semoga semakin banyak lagi ya temen-temen yang minat untuk mencoba mendaki gunung :) step by step aja...












1 komentar