(1) Ramadhan di Italia: Tantangan Hari Pertama Puasa




Ramadhan Mubaarak Everyone !

Tulisan ini ditulis kira-kira bulan Juni tahun lalu. So yea, aku lalai ngga nyelesaiin ini dulu karena hari-hari super hectic di Italia yang berhasil menyita seluruh pikiran, hati, dan fisik aku :). Semoga cerita ini tetap menyenangkan dibaca walaupun udah terlewat hampir satu tahun lalu. Terimakasih udah mau ngeluangin waktu klik blog akuw tersayang yah !

-

Gimana nihh puasanya yang di Indonesia ? Kuat kan kuat , negara kita alhamdulillah diberi kemudahan Allah bukan dengan matahari yang panjang dan dengan nuansa ber-ramadhan yang kental banget. So yeah kita ngga ngerasa kesusahan buat ngejalaninnya karena bareng-bareng.

Oh ya kalo temen-temen AFS yang muslim baca ini kuat-kuat yah puasa di Eropa 18++ jam, atau anak YES yang udah pulang punya pengalaman juga puasa di Amerika. Paling ngga ngebayangin jadi si Lulu, temenku AFS Finlandia yang bahkan sampe tengah malem masih ada matahari. Kata Lulu, warga muslim Finlandia ikutin negara Turki, jadi dari jam 2 pagi sampai 11 malam (ini pun masih ada cahaya btw).

Va bene, ALLORA

Kapan Ramadhan mulai ?

Tulisanku kali ini aku bakal cerita gimana puasa di Italia utara. Centro Islamico Culturale d’Italia - Masjid Besar Roma mengumumkan kalau Ramadhan 1439 H jatuh pada 17 Mei 2018. Awalnya sempet ada pengumuman kalau jatuh di tanggal 16, sehari sebelumnya. Aku awalnya kebingungan, karena sempet kepikiran ikut Indonesia aja yang mulai 17. Ternyata setelah aku pikir-pikir lagi, baiknya aku mengikuti keputusan ulama-ulama di Italia karena mereka yang bener-bener menghitung hilal di langit Italia.

Sempet tanya kesana kemari. Well, pada akhirnya aku tanya ke Assia, aktivis muslimah dari Aljazair yang udah menetap dan berkeluarga di Longarone, Belluno. Pada akhirnya alhamdulillah mulainya sama kaya di Indonesia tanggal 17 Mei dan ada jadwal sholat dan sahur dari perkumpulan muslim Provinsi Belluno.

Beberapa temen AFS Indonesia yang di Italia mereka mulai 16 Mei, karena memang waktu itu sempat berubah-ubah antara 16 dan 17. Mereka yang mulai 16 tetep ngelanjutin puasanya.

So, Ramadhan kali ini aku ikut jadwal itu bukan Muslim Pro. Assia nyaranin begitu, baru setelah Ramadhan selesai kita merujuk ke Muslim Pro.

Berapa lama sih puasa di Italia ?

Aku sendiri karena di utara jadi waktu subuh yang mulai lebih cepat dari Italia selatan juga maghrib yang dateng lebih lambat beberapa menit. Dari awal sebelum Ramadhan, kami anak-anak Indo bertekad buat bantu saling bangunin kalo sahur dan absen di grup. Honestly, emang susah bangun sahur sendiri jam 3 kurang, karena subuh jam 3 lebih. Awal-awal itu sempet beberapa hari nggak sahur, padahal durasi puasa 18 jam.

Susah ? Iya awalnya lumayan tapi akhirnya terbiasa, ehehe. Apalagi ini udah akhir-akhir musim semi, jaman-jamannya orang makan di luar karena ada matahari. Wallahu a’laam ya awal-awal sampai pertengahan Ramadhan itu banyak hujan jadi nggak kerasa panas dan kehausan. Panas disini pun umido atau basah justru bikin haus banget. Aku ngebayangin sebelumnya kayaknya bakal berat dan sendirian. But, trust me, wherever you’re Allah will help you, give you strenght and bless you

Karena sahur kami saling bangunin via telpon jadi ngga kerasa sendiri, merasa kalau berjuang bareng-bareng walaupun kami tersebar di Italia.


Apa ya tantangan pertama Ramadhan ?

Ber-ramadhan bukan di negara muslim pasti dong ada tantangannya, sebenernya dari sebelum ramadhan sudah di bombardir dengan beribu pertanyaan. But, waktu bener-bener di bulan suci ini tantangannya semakin gede. Hari pertama puasa itu kan hari Kamis ya, hari dimana jam awal ada pelajaran olahraga dan sorenya rutinitas karate. Kebetulan banget il professore di ginnastica atau olahraga ngajakin ke Bar Europa deket sekolah, buat ngobrol-ngobrol sambil nikmatin matahari minum kopi, makan roti, gelato dan semau kita mau beli apa aja.


Well, I can’t eat:)))

Langsung dong mereka tanya how fasting works in Ramadhan. No eat - no drink.

“Maa Nabila neanche bere ? Mi dispiace non puoi mangiare , sei matta !”

“Gaboleh juga minum ? Maaf ya ampun kamu gabisa makan, kamu gila sih !”

Hahaha. Kira-kira begitu.

Aku cukup senyum aja dan jelasin pelan-pelan.

......

Bersambung.

2 komentar