Summer Love(s)





10 menit lagi September berakhir dari waktu Italy sejak aku menulis ini. Artinya 4 jam 50 menit lalu September sudah berakhir di Indonesia. Tiba-tiba di menit akhir ini aku inget Summer Love - One Direction yang dua tahun lalu jadi lagu yang aku dan 16 temen exchange Indonesia ke US nyanyiin di Farewell buat participants US.

'Cause you were mine for the summer
Now we know it's nearly over
Feels like snow in September
But I always will remember
You were my summer love
You always will be my summer love'

Its real. Deep down, they were our Summer Love in that's Summer 2015

By now, lemme see back my Summer in September 2017,

Lirik itu yang paling memikat. Mengenang September yang penuh pikat, September yang benar-benar mengutukku menjadi Gadis Muda yang sudah memasuki umur diakui sebagai anak gede seantero dunia. Banyak hal berharga di September yang manis-asin-pahit-asem-kecut ahh pokoknya udah kaya campuran makanan dari yang paling enak sampe paling nyenyet di lidah.

But you have to know, feels like princess feels like baby feels like adult feels like anything you would prefer then say to me, I found my Summer Love in September. Mengawali September dengan penuh bahagia gundah juga deg-deg an penuh menghitung mundur seminggu lagi terbang ke benua ketiga, yang berharap bakal feels like truly home there. And see, I was here right now. Terlalu banyak Summer Love yang istimewa di bulan ini. Rasanya banyak yang pingin kusebut Doi, ehe but the most doi yaaa ada laah, ehh noo nggak kok masih single terus hamdalah.

Lagian siapa yang mau sama cewe yang galak kaya gini ? Lol, hahaha

September just made my Roller Coaster of life begins perfectly no one can stop it. September just made me trust to you who always be there for me. September just made me like a baby - young girl tho. September just let me to know Summer turns to Autumn, to see how the leaves falling down as beauty as your life destiny. And how my heart feeling up and down...

Now we know it's nearly over, nothing that I wanna change.

Who's my summer love ?

1. BAPAK-IBU

In a lot of means, mereka terlalu berharga buat di lukiskan disini. Betapa banyak doa-tenaga-keringat-hati-langkah yang tanpa henti memupukku sampai aku terlempar sejauh ini di usiaku yang sangat belia bagi mereka. Mereka berdua yang menginginkan dengan sepenuh hati dan ketulusan supaya putri sulungnya bisa melampaui lebih jauh dari mereka berdua yang bisa menanam benih di kota tempat lahir saja, Temanggung. Dan lihat ? Aku melihat sekelilingku aku bisa terbang lebih jauh, dan bukan berarti Bapak-Ibu tidak, iya mereka berada di setiap langkah, hembusan, nadi yang berdetak dan darah yang mengalir pada setiap tanah yang kujejaki.

Kalau aku bisa, boleh ya nanti aku bawa Bapak-Ibu terbang juga biar merasakan terbang juga dengan pesawat ? Kalau boleh doa pertamaku pada pertemuan September selanjutnya bisa kubawa Bapak-Ibu menunaikan haji di tanah suci.


2. AFS INDONESIA-AFS INTERCULTURA ITALY

AFS will change my life. AFS secara singkat bisa disebut program Pertukaran Pelajar SMA dan sederajat. Tapi, kalau di ulur lebih jauh AFS bukan sesederhana itu, karena AFS aku mengerti hidup bukan sekedar kompetisi, bukan pertarungan siapa yang menang dan kalah. Sejak didudukkan sebagai kandidat sampai aku Officially an AFSer aku banyak mengerti hidup selalu terjadi Roller Coaster.

AFS bridge understanding, aku belajar menyikapi hidup sebagai kehidupan sesama manusia di dunia. AFS melemparku sampai tanah negeri Pizza, sampai aku feels like Alien or Bidadari pun pernah. AFS mengenalkanku membangun hidup dengan seorang diri bukan di negeri sendiri, tapi dunia milik semua kan ? Jangan ragu. Focus to your life here. You would have a life in a year not a year in life, pepatah yang di gaung-gaungkan ke seluruh AFSers di dunia. You know ? It's true.

You build life as not that easy breezy as Instagram feeds say, is not always sunshine and butterflies. You go alone, with no one to hang out but yourself. That's why, be alone but not lonely. Ohh, AFS will change my life.


3. KAMU DAN MEREKA

Iya, cukup kata kamu dan mereka. Yang tidak mampu dilukiskan dengan kata karena segenap rasa yang amat membuncah, mengalir dalam nadi tanpa tapi. Mendukung dengan sepenuh hati selayaknya derasnya air sungai di Longarone, Belluno Italy. Yang menemani dalam suka duka tanpa pamrih dan dengan time zone, yang ternyata 5 jam sangat berarti. Ugh:((

Semoga kamu dan mereka di Indonesia bisa menikmati musim hujan yang dengan lebat membabat banyak hari. Percayalah, nikmati musimnya. Mungkin dengan mendengar lagu indie semacam Aku Tenang - Lagu² Banda Neira - Tulus akan jadi berarti. Seperti aku menikmati dua kali pergantian musim yang sempurna mengkoyak pertahanan tubuhku. Haha, agak lebay sih. Jumpa Juli tahun depan (re: 2018)


4. LA SQUADRA ITALIANA

Perjalanan besar yang kalau tanpa membayangkan bahwa ada juga 18 lainnya di Italy mungkin bakal tersedu berkali waktu, waaa. Haha ngga se-lebay itu sih. Yang kalau curhat dan ngeciwiz segalanya sekarang hanya grup line yang jadi penghubung, yang ber-19 dengan cewe yang kebanyakan cowo be like, termasuk aku haha, di Jakarta-Dubai-Roma sampai persinggahan masing-masing bernyawa buat sampe Juli. Summer Love beneran lohh kalian❤❤

5. HOST FAMILY (DE PELLEGRINI)

Mamma Linda - Pappa Aurellio yang dengan penuh ketulusan dan membuka hidup mereka buat disinggahi gadis jawa ini. Mamma Linda yang dengan sabar ajarin aku bahasa Italy yang iya aku tau puncak gunung masih jauh. Dengan mereka aku disulap jadi anak bungsu yang ditinggal host sisters dan host bro-nya tinggal di luar rumah. Jadi anak bungsu tapi sekaligus tunggal di rumah di tengah banyak gunung yang menjulang di kanan kiri, meskipun Pappa nggabisa speak english Mamma pun yang apa adanya tapi ada kalimat Mamma yang jadi penguatku disini,

"You can see that the human emotions are similar and the humanese joins all the world. In this moment you will overcome all difficulties and -YOU WILL BE VERY STRONG-"

Yeah. Perhaps, I will InsyaAllah. Allah by my side.

6. ALICE TORMEN

Hei to describe her is very strong emotions you will make. Dia bakal jadi yang berharga di exchange yearku. 13 September lalu, karena dia aku bisa lebih tenang dan bisa dengan lebih mantab being like italian haha. Dia yang translate ke english karena nggak paham nya aku bahasa italy. Yang bersedia nemenin aku dan kenal banyak hal tentang Italy dan segala soalnya. Sekolah, pergaulan and anything. Bahkan kasih aku Al Qur'an Italy.

My Six Summer Love. Yeah, turn back the time and see that you're packing your bags, trying so hard not to cry, had the best time and now it's your time to focus to your new life. Build it as meaningful as you can.

Ahh September, bisa hampir utuh makes me feel proud-to be loved-sad-kecewa dan segudang rempah rasa itu. Intinya, aku bahagia bisa menulis ini di saat daun sedang menguning dan berguguran dari pohonnya di musim yang indah :")

Grazie Mille Settembre, I love you so.

Diselesaikan pada 01.10 selama satu jam 20 menit
Back sound : Summer Love


Longarone Belluno,
October 1 '2017

13° Nabiladinta









3 komentar