Jakarta : Kita : Kota Tua

Tentang Jakarta, tentang kita

Jakarta penuh kendali. Kata temenku, "emang susah ya Bil kalo ke Jakarta nggak punya tujuan", malam itu. Tentang Jakarta ini udah berhasil membuatku semakin percaya keadilan Tuhan. Semakin percaya kalau mimpi itu selalu pantas untuk diperjuangkan, selalu percaya kalau segalanya pasti ada jalan kalau belum sampai titik ujung. Dan semakin percaya indahnya pertemuan yang selalu membersamai. Cerita ini tentang pembelajaran dan pertemuan yang membersamai. Penghujung bulan Desember lalu udah jadi salah satu episode menarik di 2016-ku.

Pagi menjelang siang di tanggal 27, bocah yang masih ala ala an ini nekad aja pergi kesana sini ditemani supir gojek. Aku visit duoo temen kece ku dulu di smk Islam Said Na'um eh disana malah aku ketemu Yunda Mia yang honestly aku dah ketemu di 2013 akhir tahun lalu di Jogja, then baru nyadar pas di Masjid. Beliau Mahasiswi Kece UI yang aku pingin banget bisa nyemplung kesana. Di tengah kunjunganku tiba-tiba kebesit ikut gabung sama anak Kabarat Kecee di Kota Tua. Pamer banget mereka nge-reply story ku mulu terus ngajakin join. Who cares, cuss aja gitu. Agak sedikit sableng gitu di kota orang sendirian dengan duit pas pasan. Sesekali :))  Nyampe juga di kota tua.

Udah berasa bocah ilang aku muter nyari mereka finally mereka ada di tengah lapangan kota tua. Jujur, dari 5 bocah cuma 3 yang tak kenal. Ada si Thoriq Aldi Apis Elita Sifiit, mereka asiik berat. Unpredictable aja tiba tiba bisa ketemu dan jalan bareng mereka di Jakartee. Si Aldi yang jago pegang lensa ga berhenti jepret sana sini. Si Apis juga so welcoming banget to me. Over all, aku bahagia menikmati makan bakso di emperan ibu kota. Ngobrol ala anak Jakartee yang ampun asik juga. Kaya mimpi terbalas sejak 2015 PINGIN ke KOTA TUA.

Then aku udah mutusin mau balik gegara ada promise buat meet up kita duo sekolah Jogja but si Thoriq kaya bikin aku semakin kepingin buat ikut naik busway yang Free itu buat keliling Jakarta mentok sampe Istiqlal, mereka berniat mau melabuhkan diri dulu di Masjid itu. Sedikit nyatet waktu pemandu bis jelasin sejarah kota yang pernah bernama Batavia dan Jakarta. Banyak hal unik di setiap kota, terlebih ibu kota kita ini. Yang aku belajar tentang siang yang penuh keringat buat mengisi perut, tentang pagi yang diburu, tentang manusia yang banyak macamnya.

Berlabuh di deket Istiqlal aku udah di order-in Uber yang anyway aku belum pernah naik, mau feel aja. Kata anak-anak sih well juga like Gojek. Aku udah order sampe Tebet, eh bujuk Abang Uber nya biar ngelewatin Menteng. Finally, berlabuh juga di Menteng 58. Bangunan Menteng penuh kendali di bumi pertiwi ini, kan ? Aku menuhin spiritual moment senja ku di Jakarta di Masjid Menteng. I am the only women there. Karna faktor X barangkali ada Abang Adnan, direktur nya klikaktivis.com yang mau order-in Gojek nyampe Tebet. Alhamdulillaah.

Menyelip di dunia malam Jakarta penuh sesak, penuh asap. Tidak masalah. Sedikit khawatir, banyak temen yang udah nyampe di Hotel Sofyan Inn. Sedikit khawatir takut ditinggal. Sesaat ba'da isya aku terhadirkan di hotel. Cuss ngajakin dinner di kantor Maarif Institute, jatah kita disana. Sampe lumayan malem akhirnya aku juga the only women, mbaa syif mbaa ulek udah balik duluan. Bercakap ria dulu sama 4 kaum Adam totally anak sekolah Jogja sama satu Klaten. Cukup epik. Kita periode 2015-nya Maarif.

Sampe Pulau Kapuk aku banyak bersyukur akhirnya bisa menikmati kasur empuk yang long holiday itu aku terforsir di banyak lokasi abdi. Tentang Jakarta yang penuh kendali, terimakasih telah mengisi. Sebagian kecil pengharapan banyak tertumpah disana. Tentang belajar, hati, mengabdi, dan negeri. Banyak cita mulia terobrolkan disana. Termasuk segelas teh berdua, empat gelas jadinya untuk kita berdelapan. Tentang jalan kaki satu kilo buat menikmati malam terakhir Jakarta. Tentang guyonan dan jujur lugu nya kita yang semoga saling menjaga kepercayaan. Aku tidak menyangka.

Terimakasih Jakarta❤
yang sempat menjadi Jayakarta dan Batavia. 
Mengisi romantisme long holiday akhir tahun lalu-ku, mu, dan kita

0 komentar