Be a Leader ! Closer to perfect

Quote yang masih aku ingat dari kakak kelasku, mantan Ketua Umum IPM Chemizein 89 Linta Ulinnuha Bahraine, ia sendiri mengatakan, kata - kata ini ia dapatkan dari Kak Galuh mantan Ketum angkatan DC 86...

"Menjadi pemimpin itu memang dituntut untuk mendekati sempurna.."

     Mu'allimaat, gedung tua di jantung Kota Jogja, kota yang menyimpan ribuan sejarah, pergerakan - pergerakan, dan Mu'allimaat adalah salah satu gedung saksi sejarah Kyai Ahmad Dahlan. Aku bangga bersekolah di Mu'allimaat, bagiku, tantangan di Mu'allimaat itu harus dihadapi seberapapun beratnya. Tidak mudah. Quote di atas adalah apa yang dari dulu sudah aku jalani.

        Pemimpin... ratusan orang dengan latar belakang kebudayaan yang amat berbeda dari Papua sampai Aceh hampir ada di sekolahku. Betapa bersyukurnya aku, kalau aku tidak disini bagaimana aku bisa sampai di titik sejauh ini ? titik yang mengantarkanku mewujudkan mimpi besarku, tinggal menghitung waktu 7 hari. Luar biasa, meskipun posisiku banyak dituntut, dipersalahkan ketika puluhan orang melakukan kesalahan yang sama, dipersalahkan ketika satu orang saja menjelek - jelekkan nama kita. Seandainya aku bisa berharap, seandainya aku bisa berhenti saat ini aku mau... Tapi tidaklah semudah itu. Menjadi pemimpin harus berani bertanggung jawab, atas nama segalanya, menanggung risiko, karena pemimpin itu memang dituntut untuk mendekati sempurna.. ya. hanya mendekati. No Body is Perfect

         Menjadi pemimpin itu harus siap dituntut ! apapun itu. Harus Ikhlas. Harus Berjiwa Besar. Karena memang seperti itu layaknya pemimpin. Aku pun baru memahami arti keikhlasan setelah berjalan hampir satu tahun setengah.. waktu yang tidak cepat. Because I believe that process to progress... Pemimpin itu harus bisa memberikan banyak pilihan kepada anggotanya. Banyak jalan, bukan selalu memutuskan jalan mana yang harus diambil. Pemimpin itu bukanlah posisi. Posisi itu urutan bawah. 

"Leadership is not in POSITION but in ACTION"

Don't be people not useful to other. But be people who can inspire. Only people inspired which is able to inspire :)

*Adinta 11:38 
Thu 271114

0 komentar